free online counter

Rabu, 23 Februari 2011

Baik dan Buruknya minum Kopi

Berikut beberapa point dan manfaat dari secangkir minuman yang bernama kopi, yang berhasil saya rangkum dari berbagai sumber :

* Delapan puluh persen orang dewasa di dunia minum kopi sedikitnya sekali sehari.
* Kafein yang terkandung didalam kopi adalah zat kimia yang berasal dari tanaman yang dapat menstimulasi otak dan sistem saraf. Kafein tergolong jenis alkaloid yang juga dikenal sebagai trimetilsantin. Selain pada kopi, kafein juga banyak ditemukan dalam minuman teh, cola, coklat, minuman berenergi (energy drink), cokelat, maupun obat-obatan.
* Kafein membantu Anda untuk bisa berpikir lebih cepat. Cobalah mengkonsumsi kopi atau teh 15 menit atau 30 menit sebelum Anda melakukan wawancara pekerjaan atau memberikan presentasi pada atasan. Hasilnya mungkin akan cukup lumayan, karena kafein yang terdapat pada kopi atau teh terbukti mampu memberikan ’sinyal’ pada otak untuk lebih cepat merespon dan dengan tangkas mengolah memori pada otak.
* Kafein mencegah gigi berlubang. Cobalah untuk meminum secangkir kopi hangat atau teh hangat sesaat setelah Anda mengkonsumsi cookies, cake coklat yang lezat, permen rasa buah atau sepotong roti manis. Joe Vinson, Ph.D., dari University of Scranton menjelaskan bahwa kafein yang terdapat dalam minuman ini ternyata sangat tangguh memberantas bakteri penyebab gigi berlubang.
* Kafein mengurangi derita sakit kepala. Penelitian menemukan kafein yang terdapat dalam kopi atau teh (dalam jumlah tertentu) sanggup menolong mengobati sakit kepala. Menurut Seimur Diamond, M.D., dari Chicago’s Diamond Headache Clinic. Penderita migrain dalam kategori ringan dapat disembuhkan dengan secangkir kopi pekat atau secangkir black tea. Jadi, sebelum mengkonsumsi obat cobalah dulu sembuhkan sakit kepala Anda dengan minuman berkafein.
* Kafein bisa melegakan napas penderita asma dengan cara melebarkan saluran bronkial yang menghubungkan kerongkongan dengan paru.
* Kafein dapat membuat badan tidak cepat lelah, bisa melakukan aktifitas fisik lebih lama, di perkirakan karena kafein membuat “bahan bakar” yang dipakai otot lebih lama.
* Kafein bisa meningkatkan rasa riang, membuat kita merasa lebih segar dan energik.
* Perempuan yang minum dua cangkir kopi atau lebih per hari dapat mengurangi risiko terkena pengeroposan tulang (osteoporosis).
* Kopi dapat meningkatkan penampilan mental dan memori karena kopi dapat merangsang banyak daerah dalam otak yang dapat mengatur tetap terjaga, rangsangan, mood dan konsentrasi. Penelitian di Universitas Arizona ditemukan bahwa orang dewasa yang minum kopi sebelum test memori menunjukkan perkembangan yang signifikan dibanding mereka yang minum kopi tanpa kafein.
* Kafein dapat menangkal radikal bebas dan menghancurkan molekul yang dapat merusak sel DNA.
* Kafein juga melindungi jantung dan kanker.
* Untuk mengurangi risiko pengidapan diabetes mulailah meminum kopi. Seseorang yang minum kopi lebih dari enam cangkir sehari berisiko rendah terserang diabetes dibanding dengan orang yang tidak minum kopi sama sekali. Demikian simpulan sebuah riset skala besar yang dilakukan pada 80 ribu orang selama 18 tahun di AS.
* Parkinson jarang ditemukan pada orang yang minum kopi secara teratur. Sebuah riset menyimpulkan penyakit ini justru ditemukan pada pria yang tidak minum kopi tiga kali lebih banyak daripada pria penikmat kopi.
* Minum kopi membuat sperma “berenang” lebih cepat dan mampu meningkatkan kesuburan pria. Hal ini diumumkan para ilmuwan Brasil dalam pertemuan “American Society for Reproductive Medicine” di San Antonio, dimana pembicaraan utama berkisar pada efek obat-obatan terhadap kesuburankaum adam.

Bahaya kopi :
* Terlalu banyak minum kopi tidak baik untuk kesehatan. Penyebabnya kebanyakan karena kafein yg terkandung dalam kopi. Sebenernya bukan hanya kopi yg mengandung kafein, dengan kadar yang berbeda-beda ada beberapa minuman lain seperti teh dan minuman bersoda. Rata2 kadar kafein dalam secangkir kopi 80-125 mg, teh 9-40 mg, dan 1 kaleng minuman bersoda 20-50 mg. Kopi lah yang paling tinggi kadar kafeinnya. Melalui penelitian, ditetapkan bahwa kadar kafein yg aman adalah 150 mg dalam sehari. Sedangkan dapat mengganggu kesehatan bila dkonsumsi lebih dari 500 mg kafein perhari.

* Kafein dapat menyebabkan berbagai macam penyakit, dari mulai meningkatkan stress, memicu serangan jantung dan peningkatan tekanan darah, gangguan pencernaan bahkan kemandulan pada pria. Ternyata mengonsumsi kafein terlalu banyak diperkirakan dapat menyebabkan kemandulan pada pria karena dapat menurunkan jumlah sperma ataupun merusaknya. * Tidak hanya pria, wanita juga perlu waspada karena minum dua cangkir kopi atau lebih per harinya dapat meningkatkan risiko terkena pengeroposan tulang atau osteoporosis. Hasil penelitian lain juga menyebutkan bahwa bila ibu hamil yang terlalu banyak minum kopi, bayinya mempunyai risiko tinggi terkena epilepsi. * Kafein juga merupakan salah satu penyebab utama sakit kepala. Juga tidak ketinggalan dampak pada kesehatan gigi dan mulut, konsumsi kopi bisa menyebabkan timbulnya bau mulut dan dalam jangka waktu yg lama bisa merubah warna gigi (staining).


Sumber=info pendidikan kita

0 komentar:

Posting Komentar

Jok sungkan-sungkan reeek...
tak tunggu komentarmu...!!!

Random Post

1 2 3 4 5

Check Page Rank of your Web site pages instantly:

This page rank checking tool is powered by Page Rank Checker service


Donwload blog ini

Total Pengunjung

Flag Counter

Recent Comment

Print this

Chat Zone

About Administrator

Foto saya
Aku hanya manusia biasa...

Reader Community

Follow Me

Statistik Blog

Labels

Blogumulus by Roy Tanck and Amanda Fazani

What Time is it?

Follow Me